Tugas Alpro2 – Minggu 3 – 4121053 – Erlangga JayaWardhana

C L A S S  D A N  O B Y E K

OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING

    Object-Oriented Programming (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang menjadikan suatu objek sebagai fokus dalam mengembangkan aplikasi.

  OOP bertujuan untuk mempermudah programmer dalam memahami permasalahan dalam pengembangan sistem karena OOP mendekatkan programmer memahami permasalahan pengembangan sistem sebagaimana menghadapi permasalahan sehari-hari.

·       Class
Class yaitu cetakan dari object. Sebuah class berisi kode-kode yang menjelaskan bagaimana sebuah object akan berperilaku dan berinteraksi satu sama lain. Class dalam pemrograman diartikan seperti sebuah cetakan atau template. 

·       Object
Objek dalam dunia pemrograman objek diartikan sebagai bagian dari sebuah program. Dimana di dalamnya dihubungkan beberapa variable dan method yang salin berkaitan satu sama lain.

·       Attribute
Atribut merupakan bagian dari sebuah kelas yang masih berhubungan erat dari kelas tersebut. Atribut bisa juga disebut sebagai properti atau properties dari sebuah class. Contohnya ketika kamu punya sebuah class Motor, maka kamu dapat menambahkan atribut seperti kecepatan motor, umur motor, ukuran, ban, warna dsb.

·       Method
Method yaitu fungsi yang ada di dalam class. Method dapat diakses dengan tiga jenis user atau modifier. Dalam pemrograman objek method dapat menyimpan state dalam variabel dan mengimplementasikan behaviournya menggunakan method.

Cara Membuat Class Objek dengan this

Pada ES5, kita bisa membuat class dengan fungsi. Lalu di dalamnya menggunakan kata kunci this.

Contoh:

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
    <meta charset="UTF-8">
    <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
    <meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="ie=edge">
    <title>Belajar Objek Javascript</title>

    <script>
        function Person(firstName, lastName){
            // properti
            this.firstName = firstName;
            this.lastName = lastName;

            // method
            this.fullName = function(){
                return `${this.firstName} ${this.lastName}`
            }
            this.showName = function(){
                document.write(this.fullName());
            }
        }

        var person1 = new Person("Muhar", "Dian");
        var person2 = new Person("Petani", "Kode");

        person1.showName();
        document.write("<br>");
        person2.showName();
    </script>
</head>
<body>

Contoh Membuat Program Class Dan Objek

#1 BangunDatar.java

public class BangunDatar {
    float luas(){
        System.out.println();
        System.out.println("============================");
        System.out.println("Menghitung laus bangun datar");
        return 0;
    }
   
    float keliling(){
        System.out.println("Menghitung keliling bangun datar");
        System.out.println("============================");
        System.out.println();
        return 0;
    }
}

#2 Persegi.java

class Persegi extends BangunDatar {
    float sisi;

    @Override
    float luas(){
        float luas = sisi * sisi;
        System.out.println("Luas Persegi: " + luas);
        return luas;
    }

    @Override
    float keliling(){
        float keliling = 4 * sisi;
        System.out.println("Keliling Persegi: " + keliling);
        return keliling;
    }
}

#3 PersegiPanjang.java

public class PersegiPanjang extends BangunDatar {
    float panjang;
    float lebar;
   
    @Override
    float luas(){
        float luas = panjang * lebar;
        System.out.println("Luas Persegi Panjang:" + luas);
        return luas;
    }
   
    @Override
    float keliling(){
        float kll = 2*panjang + 2*lebar;
        System.out.println("Keliling Persegi Panjang: " + kll);
        return kll;
    }
}

#4 Lingkaran.java

public class Lingkaran extends BangunDatar{
   
    // jari-jari lingkaran
    float r;
   
    @Override
    float luas(){
        float luas = (float) (Math.PI * r * r);
        System.out.println("Luas lingkaran: " + luas);
        return luas;
    }
   
    @Override
    float keliling(){
        float keliling = (float) (2 * Math.PI * r);
        System.out.println("Keliling Lingkaran: " + keliling);
        return keliling;
    }
   
}

#5 Segitiga.java

public class Segitiga extends BangunDatar {
   
    float alas;
    float tinggi;

    @Override
    float luas() {
        float luas = (float) 1/2 * (alas * tinggi);
        System.out.println("Luas Segitiga: " + luas);
        return luas;
    }  

    @Override
    float keliling(){
        float miring = (float) Math.sqrt((alas*alas) + (tinggi*tinggi));
        float keliling = (float) alas+tinggi+miring;
        System.out.println("Keliling Lingkaran: " + keliling);
        return keliling;
    }
}

#6 Proses.java

public class Proses {
    public static void main(String[] args) {
       
        // membuat objek bangun datar
        BangunDatar bangunDatar = new BangunDatar();
       
        // membuat objek persegi dan mengisi nilai properti
        Persegi persegi = new Persegi();
        persegi.sisi = 2;
       
        // membuat objek Lingkaran dan mengisi nilai properti
        Lingkaran lingkaran = new Lingkaran();
        lingkaran.r = 22;
       
        // membuat objek Persegi Panjang dan mengisi nilai properti
        PersegiPanjang persegiPanjang = new PersegiPanjang();
        persegiPanjang.panjang = 8;
        persegiPanjang.lebar = 4;
       
        // membuat objek Segitiga dan mengisi nilai properti
        Segitiga Segitiga = new Segitiga();
        Segitiga.alas = 12;
        Segitiga.tinggi = 8;
       
       
        // memanggil method luas dan keliling
        bangunDatar.luas();
        bangunDatar.keliling();
        System.out.println();
       
        persegi.luas();
        persegi.keliling();
        System.out.println("============================");
        System.out.println();
       
        lingkaran.luas();
        lingkaran.keliling();
        System.out.println("============================");
        System.out.println();
       
        persegiPanjang.luas();
        persegiPanjang.keliling();
        System.out.println("============================");
        System.out.println();
       
        Segitiga.luas();
        Segitiga.keliling();
        System.out.println("****************************");
    }
}

#Output



Sumber :

Muhardian, A. (2022, Maret 13). Belajar Java OOP: Memahami Inheritance dan Method Overriding. Retrieved from Petani Kode: https://www.petanikode.com/java-oop-inheritance/

Muhardian, A. (2022, Maret 13). Menghitung Akar Kuadrat dan Akar Kubik dengan Java. Retrieved from Petani Kode: https://www.petanikode.com/java-akar-kuadrad-dan-kubik/

 



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال