C L A S S
D A N O B Y E K
· Class ↴
Class yaitu cetakan dari
object. Sebuah class berisi kode-kode yang menjelaskan bagaimana sebuah object
akan berperilaku dan berinteraksi satu sama lain. Class dalam pemrograman
diartikan seperti sebuah cetakan atau template.
· Object ↴
Objek dalam dunia pemrograman
objek diartikan sebagai bagian dari sebuah program. Dimana di dalamnya
dihubungkan beberapa variable dan method yang salin berkaitan satu sama lain.
· Attribute ↴
Atribut merupakan bagian dari sebuah kelas yang masih berhubungan erat dari
kelas tersebut. Atribut bisa juga disebut sebagai properti atau properties dari
sebuah class. Contohnya ketika kamu punya sebuah class Motor, maka kamu dapat
menambahkan atribut seperti kecepatan motor, umur motor, ukuran, ban, warna
dsb.
· Method ↴
Method yaitu fungsi yang ada di dalam class. Method dapat diakses dengan
tiga jenis user atau modifier. Dalam pemrograman objek method dapat menyimpan
state dalam variabel dan mengimplementasikan behaviournya menggunakan method.
Cara Membuat Class Objek dengan this
Pada ES5, kita bisa membuat class dengan fungsi. Lalu di dalamnya menggunakan kata kunci this.
Contoh:
<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
<meta charset="UTF-8">
<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
<meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="ie=edge">
<title>Belajar Objek Javascript</title>
<script>
function Person(firstName, lastName){
// properti
this.firstName = firstName;
this.lastName = lastName;
// method
this.fullName = function(){
return `${this.firstName} ${this.lastName}`
}
this.showName = function(){
document.write(this.fullName());
}
}
var person1 = new Person("Muhar", "Dian");
var person2 = new Person("Petani", "Kode");
person1.showName();
document.write("<br>");
person2.showName();
</script>
</head>
<body>
Contoh Membuat Program Class Dan Objek
#1 BangunDatar.java
public class BangunDatar {float luas(){System.out.println();System.out.println("============================");System.out.println("Menghitung laus bangun datar");return 0;}float keliling(){System.out.println("Menghitung keliling bangun datar");System.out.println("============================");System.out.println();return 0;}}
#2 Persegi.java
class Persegi extends BangunDatar {float sisi;@Overridefloat luas(){float luas = sisi * sisi;System.out.println("Luas Persegi: " + luas);return luas;}@Overridefloat keliling(){float keliling = 4 * sisi;System.out.println("Keliling Persegi: " + keliling);return keliling;}}
#3 PersegiPanjang.java
public class PersegiPanjang extends BangunDatar {float panjang;float lebar;@Overridefloat luas(){float luas = panjang * lebar;System.out.println("Luas Persegi Panjang:" + luas);return luas;}@Overridefloat keliling(){float kll = 2*panjang + 2*lebar;System.out.println("Keliling Persegi Panjang: " + kll);return kll;}}
#4
Lingkaran.java
public class Lingkaran extends BangunDatar{// jari-jari lingkaranfloat r;@Overridefloat luas(){float luas = (float) (Math.PI * r * r);System.out.println("Luas lingkaran: " + luas);return luas;}@Overridefloat keliling(){float keliling = (float) (2 * Math.PI * r);System.out.println("Keliling Lingkaran: " + keliling);return keliling;}}
#5
Segitiga.java
public class Segitiga extends BangunDatar {float alas;float tinggi;@Overridefloat luas() {float luas = (float) 1/2 * (alas * tinggi);System.out.println("Luas Segitiga: " + luas);return luas;}@Overridefloat keliling(){float miring = (float) Math.sqrt((alas*alas) + (tinggi*tinggi));float keliling = (float) alas+tinggi+miring;System.out.println("Keliling Lingkaran: " + keliling);return keliling;}}
#6 Proses.java
public class Proses {public static void main(String[] args) {// membuat objek bangun datarBangunDatar bangunDatar = new BangunDatar();// membuat objek persegi dan mengisi nilai propertiPersegi persegi = new Persegi();persegi.sisi = 2;// membuat objek Lingkaran dan mengisi nilai propertiLingkaran lingkaran = new Lingkaran();lingkaran.r = 22;// membuat objek Persegi Panjang dan mengisi nilai propertiPersegiPanjang persegiPanjang = new PersegiPanjang();persegiPanjang.panjang = 8;persegiPanjang.lebar = 4;// membuat objek Segitiga dan mengisi nilai propertiSegitiga Segitiga = new Segitiga();Segitiga.alas = 12;Segitiga.tinggi = 8;// memanggil method luas dan kelilingbangunDatar.luas();bangunDatar.keliling();System.out.println();persegi.luas();persegi.keliling();System.out.println("============================");System.out.println();lingkaran.luas();lingkaran.keliling();System.out.println("============================");System.out.println();persegiPanjang.luas();persegiPanjang.keliling();System.out.println("============================");System.out.println();Segitiga.luas();Segitiga.keliling();System.out.println("****************************");}}
#Output
Muhardian, A. (2022, Maret 13). Belajar Java OOP: Memahami
Inheritance dan Method Overriding. Retrieved from Petani Kode: https://www.petanikode.com/java-oop-inheritance/
Muhardian, A. (2022, Maret 13). Menghitung
Akar Kuadrat dan Akar Kubik dengan Java. Retrieved from Petani Kode: https://www.petanikode.com/java-akar-kuadrad-dan-kubik/